Setelah membuka awal pekan sekaligus hari pertama perdagangan di bursa efek tahun 2021 dengan memantul dari mid term lower trendline serta beberapa hari berikutnya bergerak dalam range sempit, harga saham KRAS di akhir minggu kemarin langsung melejit menembus long term upper trendline dan berlanjut hingga hari ini. Kenaikan yang cukup tinggi ini tidak serta merta berjalan dengan mulus karena dalam 2 hari ini sempat tertahan oleh area resistance 588.92 – 599.26 sehingga terjadi false breakout yang terlihat dari penampakan candlestick kemarin membentuk long upper shadow dan berlanjut hari ini di hampir sepanjang sesi 1 harga bergerak di bawah area tersebut.

Pada perdagangan hari ini saham PT Krakatau Steel (Persero) Tbk tersebut ditutup pada level 665 setelah berhasil menembus beberapa resistance bahkan sempat melewati level high kemarin. Apakah penguatan ini sudah selesai atau masih akan berlanjut ?

Berdasarkan analisa menggunakan metode elliot wave, pada periode mid term saham ini berada di wave 3 dan dengan diperkuat oleh beberapa indikator diantaranya RSI dan MACD masih dalam kondisi golden cross maka potensi untuk melanjutkan penguatan masih cukup besar. Pada chart di bawah terlihat target ideal berada di level 749,31 yang berarti dari posisi closing hari ini masih ada profit margin sekitar 12%. Soulmate dapat menggunakan level tersebut sebagai acuan untuk take profit.

Jika level harga tersebut belum dapat dicapai langsung pada perdagangan besok, maka bagi short term trader yang sudah punya posisi dengan menggunakan margin dan hendak segera merealisasikan profit dapat memanfaatkan resistance” di bawahnya sebagai target price namun sebelumnya lebih baik juga memanfaatkan trailing stop sebagai pengaman profit.

Berikutnya kita akan mengulas untuk potensi long term. Berdasarkan analisa chart dengan metode yang sama, pergerakan harga saham ini juga berada pada wave 3 dengan target ideal di level 780.58 – 788.05. dan untuk mencapai target tersebut tentu memerlukan 1 fase koreksi dulu setelah wave 3 mid term tercapai. Bagaimana jika pada perdagangan besok ternyata target harga tersebut dapat langsung dicapai atau bahkan dilewati ?

Maka target mid term berubah, begitu pula dengan target long termnya.

Targetnya di berapa ? Kita akan mengulasnya di analisa berikutnya, jika memang kondisi tersebut terjadi. 

Saat soulmate memutuskan baru akan ambil posisi, jangan lupa sebelumnya juga telah menetapkan batasan resiko, karena jika sampai gagal breakout akan dihadapkan pada potensi loss. Beberapa support di atas dapat digunakan sebagai acuan cut loss / stop loss.

 

disclaimer on

Pin It on Pinterest

Share This
%d bloggers like this: