Saham pilihan untuk dianalisa hari ini adalah KRAS. Sebagaimana disebutkan di analisa sebelumnya tanggal 12 Januari 2021, jika pergerakan harga saham dalam menempuh wave 3 mid-term ini langsung mencapai atau bahkan melewati level 780,58 – 788,05, maka target keduanya baik wave 3 mid-term maupun long-term akan berubah. Melalui ulasan analisa saham hari ini, stoclover akan membagikan pembaharuan atau lebih tepatnya menambahkan level” harga yang akan menjadi resistance berikutnya, namun sebelumnya mari kita review sejenak pergerakan harga kemarin serta hari ini.

Pada perdagangan kemarin hingga sesi 1 tadi pagi, saham ini masih menguji area resistance 652,77 – 658,99, namun pada akhirnya berhasil breakout dengan langsung melewati beberapa resistance termasuk 2 diantaranya adalah target wave 3 mid-term serta target wave 3 long-term yang ditetapkan dalam trading plan sebelumnya, meski pada sesi 2 menjelang penutupan harga kembali berbalik ke bawah level terakhir ini atau dengan kata lain terjadi penembusan palsu atau false breakout . Dengan posisi harga penutupan di 760, candlestick hari ini kembali membentuk long upper shadow.

Sebelum membahas lebih jauh, perlu diketahui terlebih dahulu bahwa dalam kondisi chart saham KRAS saat ini terdapat 2 pilihan skenario pengembangan namun tetap tidak menyimpang dari skenario utama tersebut dalam analisa 12 Januari lalu.

Pertama, target wave 3 mid-term sudah tercapai di candlestick kemarin, sehingga untuk melanjutkan ke target wave 3 long-term akan terjadi koreksi terlebih dahulu dengan penurunan hingga melewati level 652,77 – 658,99. Untuk skenario ini, target terkuat wave 3 long-term berada di antara area 896,20 – 908 atau 1.082,62 – 1.102,05.

Kedua, target wave 3 mid-term belum tercapai dan yang menjadi target terkuat adalah area 935,53 – 955,31 sedangkan target wave 3 long term terkuat di 1.082,62 – 1.102,05 seperti ditunjukkan pada gambar di bawah.

Apakah mungkin pergerakan yang terjadi besok berada di luar kedua pilihan skenario tersebut ?

Tentu, apa saja bisa terjadi di market, namun yang menjadi perhatian dalam pembahasan saat ini adalah menentukan kandidat terkuat dari sekian banyak pilihan kemungkinan tanpa menyimpang dari skenario utama. Apapun itu, target dalam analisa sebelumnya sudah tercapai, sehingga tugas berikutnya adalah mendapatkan bonus, namun untuk mengejar tambahan bonus tersebut akan sangat bijak jika tidak sampai mengorbankan keseluruhan profit yang ada dalam genggaman. Berkaitan dengan hal tersebut trailing stop dapat digunakan sebagai pengaman profit.

Jika soulmate belum punya posisi dan berencana masuk secara buy on breakout terhadap resistance 779,85 – 788,05 dapat menetapkan target take profit di resistance kuat berikutnya 896,20 – 908, Namun perlu diketahui bahwa trading plan ini lebih ideal untuk yang sudah punya posisi dibanding yang baru berencana masuk karena adanya peningkatan intensitas resiko.

Saat soulmate memutuskan baru akan ambil posisi, jangan lupa sebelumnya juga telah menetapkan batasan resiko, karena jika sampai gagal breakout akan dihadapkan pada potensi loss. Beberapa support di atas dapat digunakan sebagai acuan cut loss / stop loss.

 

disclaimer on

Pin It on Pinterest

Share This