Setelah selama 3 minggu menguji 2 area resistance kuat, yaitu 232 – 234 dan 238 – 239, serta short term upper trendline, pada perdagangan hari ini saham PT Rukun Raharja Tbk, berhasil breakout ketiga resistance penting tersebut disertai dengan rally hingga mencapai level tertinggi di 274 sebelum ditutup di posisi 260.

Bagaimana potensi pergerakan beberapa hari ke depan ?

 

Berdasarkan analisa dengan menggunakan metode elliotwave, saham yang tercatat di bursa efek Indonesia dengan kode RAJA ini sedang dalam progres pembentukan wave 5.

Secara single candle, long upper shadow yang terbentuk di penutupan sesi 2 hari ini tidak cukup bagus untuk psikologis market. namun dengan indikator MACD masih golden cross di area positif dengan kecenderungan arah naik, maka peluang saham ini untuk melanjutkan penguatan masih terbuka lebar.

Pada perdagangan besok yang perlu dicermati adalah keberadaan long term upper trendline serta resistance kuat di 276 yang jaraknya cukup berdekatan. Jika saham RAJA mampu breakout kedua resistance tersebut, dengan asumsi akan terbentuk impulse maka idealnya saham ini akan menyelesaikan sub wave 3 di area resistance kuat 308 – 312. Setelahnya akan diikuti sebuah koreksi minor kemudian kembali berlanjut naik untuk menyelesaikan wave 5 dengan target di 320 – 322 sekaligus sebagai area take profit.

Bagaimana dengan entrynya ?

Posisi masuk terbaik adalah buy on breakout terhadap 238 – 239, namun karena saat ini area tersebut sudah terlewati maka bagi yang belum punya posisi dan baru berencana masuk bisa menggunakan long term upper trendline serta resistance kuat di 276 sebagai referensi alternatif terbaik untuk buy on breakout.

Mengingat pada chart di atas tidak banyak resistance kuat sehingga jarak antar target cukup jauh, maka penggunaan trailing stop dalam trading plan ini menjadi semakin krusial.

Bagi shorterm trader yang hendak segera masuk secara buy on weakness terhadap support menengah 253 – 254 (dimana juga terdapat horizontal line) bisa pula memanfaatkan resistance menengah seperti 285 – 286 sebagai area alternatif untuk melakukan take profit menyesuaikan dengan range waktu trading.

Bagi yang sudah punya posisi, support kuat 232 – 234 dapat digunakan sebagai referensi stoploss / cutloss.

 

disclaimer on

Pin It on Pinterest

Share This
%d bloggers like this: