Harga saham PT Semen Baturaja Tbk sejak awal desember tahun lalu hingga perdagangan kemarin telah mengalami penurunan sebesar lebih dari 40%. Saham dengan grafik pergerakan harga yang terus turun seperti ini umumnya akan dihindari oleh trader.

Meski mengalami penurunan yang cukup signifikan, ada sesuatu yang menarik dari saham berkode SMBR ini, apa itu ?

sebelum menjawab pertanyaan tersebut mari kita lihat posisi pergerakan harga saham SMBR terlebih dahulu.

 

Berdasarkan analisa elliotwave, saham SMBR saat ini berpotensi membentuk wave 5. apakah sudah pasti ?

Belum tentu, namun bukankah di market memang tidak ada yang pasti dan sudah menjadi tugas seorang technician untuk melakukan analisa melalui pembacaan grafik beserta indikatornya untuk mencari probabilitas terbaik atas apa yang mungkin terjadi di market kedepannya. Oleh karenanya sebelum terburu-buru menutup dari daftar pantauan mungkin akan lebih baik jika soulmate melihat beberapa kondisi berikut terlebih dahulu.

Pertama, grafik saham SMBR yang terbentuk  dari pergerakan harga beberapa bulan terakhir membentuk descending broadening wedge pattern. Jika point ini masih belum cukup menarik karena trader merasa harga masih berpotensi breakout kebawah, mungkin point berikutnya dapat menjadi pertimbangan.

Kedua, candle kemarin membentuk long lower shadow dengan low price berada tepat di level ideal ekstensi sub wave 2 sehingga berpotensi menjadi bottom kedua dalam formasi double bottom pattern. Dengan posisi MACD masih lebih tinggi dari bottom (pertama) yang terbentuk beberapa minggu lalu tidak menutup kemungkinan ini dapat menjadi sinyal awal pembalikan arah.

Satu catatan penting yang perlu menjadi pegangan sebagai konfirmasi, yaitu candle yang nanti terbentuk pada akhir sesi kedua perdagangan hari ini atau mungkin pada hari-hari berikutnya dapat ditutup di atas high price candle kemarin atau untuk lebih meningkatkan safety bisa gunakan area resistance 845 – 851. Level tersebut dapat dimanfaatkan juga sebagai acuan buy on breakout (BOB). Jika trader masih belum yakin dengan level tersebut, area resistance kuat di 1079 – 1086 dapat digunakan sebagai alternatif.

Ok, berapa target kenaikan harga saham ini ?

Selama harga tidak breakdown 780, secara midterm idealnya level take profit ada di area 1393 – 1408. Dengan melihat posisi closing sesi 1 hari ini di 820 berarti ada potensi kenaikan lebih dari 60%.

Jika pergerakan harga beberapa hari kedepan berjalan sesuai dengan skenario ini, maka ada kemungkinan saham bergerak membentuk impulse dimana akan terjadi koreksi minor setelah mencapai area resistance kuat di 1285 -1295 dan kemudian kembali berlanjut naik menuju target tersebut di atas. Area ini bisa dimanfaatkan trader yang menggunakan range waktu trading lebih pendek sebagai area take profit.

Sebagaimana disampaikan dalam sharing analisa lainnya, sangat bijak jika trailing stop juga ditetapkan menjadi bagian dalam trading plan sebagai pengaman profit. Dalam hal ini Level TP dapat digunakan sebagai referensi.

Bagi trader yang hendak berspekulasi dengan masuk lebih awal secara buy on weakness terhadap support 815 – 816 sangat disarankan menetapkan cutloss / stop loss secara ketat, karena mengingat area ini tidak termasuk support kuat.

Dengan area support kuat di 761 – 771 digunakan sebagai referensi cut loss / stop loss, maka (dari acuan buy on breakout) akan diperoleh rasio reward terhadap resiko sebesar lebih dari 6x. Apakah saham ini cukup layak masuk dalam watchlist anda ?

 

disclaimer on

Pin It on Pinterest

Share This