Setelah memantul dari lower trendline dengan menyentuh level terendah di 2.540, harga saham PT Telkom Indonesia Tbk naik secara signifikan hingga mencapai level tertinggi di 3.640 rupiah per lembar saham. Seperti di periode 3 minggu perdagangan sebelum puncak penguatan sebesar lebih dari 40% tersebut terjadi, saham berkode TLKM ini kembali berkonsolidasi dengan menguji area harga 3.326 – 3.334,4 serta 3.500 – 3.540 secara silih berganti sebagai support dan resistance.

Pada perdagangan hari terakhir pekan ini, pergerakan harga saham TLKM mencapai tertinggi di 3.620 tepat di bawah area resistance kuat 3.621,2 – 3.645 namun sempat menguji mid term upper trendline sebelum ditutup pada level 3.570.

Secara analisa teknikal, meski pada bagian atas candle membentuk ekor yang sedikit panjang, namun dengan melihat volume perdagangan yang cukup tinggi , beberapa indikator seperti RSI dan stochastic mulai kembali golden cross  serta aliran barang menunjukkan adanya akumulasi, maka pada perdagangan besok saham ini berpotensi kembali menguji mid term upper trendline bahkan sekaligus area resistance kuat 3.621,2 – 3.645.

Catatan penting yang perlu menjadi perhatian bahwa chart saham ini membentuk double bottom pattern, dengan level konfirmasi di area 3621,2 – 3.645 sehingga bagi trader yang berencana masuk bisa gunakan area tersebut sebagai acuan buy on breakout atau support kuat terdekat di 3.500 – 3.540 untuk buy on weakness.

Jika area resistance tersebut berhasil ditembus, maka berdasarkan analisa elliot wave besar potensi saham ini sedang menjalani wave 3. bagi short term trader take profit bisa gunakan target terdekat di 3.915,30 – 3.927,02 dan jika berhasil ditembus juga gunakan resistance” selanjutnya seperti ditunjukkan pada chart di atas sebagai target price dengan diiringi penggunaan trailing stop secara meningkat sebagai pengaman profit. bagi trend trader potensinya bisa seberapa jauh ? idealnya setidaknya bisa mencapai 4.600,24 – 4.660,58.

Mengingat perjalanan menuju target price tersebut cukup jauh dengan melewati beberapa resistance kuat dimana satu diantaranya cukup krusial adalah long term upper trendline (garis putus” warna biru muda) yang umum digunakan sebagai indikator arah trend jangka panjang, maka ada baiknya lebih waspada ketika pergerakan harga mencapai level tersebut, kecuali jika mungkin orientasinya adalah untuk invest yang tentunya disimpan untuk periode jangka panjang.

Saat soulmate memutuskan untuk ambil posisi, jangan lupa sebelumnya juga telah menetapkan batasan resiko, karena jika sampai gagal breakout tidak menutup kemungkinan terjadi skenario terburuk yaitu kenaikan yang terjadi dalam beberapa bulan terakhir adalah merupakan bagian dari fase koreksi pada periode yang lebih besar dan tentunya akan masih berlanjut untuk waktu yang cukup lama dan dari sudut pandang skenario tersebut, posisi saat ini adalah level ideal untuk menjadi titik balik melanjutkan wave koreksi yang setidaknya baru setengah jalan, sehingga bagi short term trader yang terlambat keluar akan tersangkut di puncak. Ini alasan mengapa area 3.621,2 – 3.645 menjadi level yang sangat krusial. Beberapa support di atas dapat digunakan sebagai acuan cut loss / stop loss dengan disesuaikan pada periode trading masing-masing trader.

 

disclaimer on

Pin It on Pinterest

Share This
%d bloggers like this: