Matrikulasi

Untuk mempermudah pemahaman materi pada tutorial ini, Soulmate disarankan telah terlebih dahulu mempelajari tutorial berikut.

Bottom Fishing

Green Tea Part 3C

False Breakout

Tidak ada satupun diantara beberapa metode beli saham dalam materi pembahasan sebelumnya yang tidak memiliki paparan resiko.

Saat menerapkan metode buy on breakout, soulmate tentu mengharapkan terjadinya penembusan area resistance dapat diikuti dengan pergerakan naik harga saham secara berkelanjutan menuju target harga jual.

Bagaimana jika yang terjadi justru harga berbalik turun kembali menuju level yang digunakan sebagai acuan buy on breakout tersebut dan terus melemah seperti diilustrasikan pada gambar di bawah ?


Breakdown

Begitu pula dengan metode buy on weakness, buy on support atau bottom fishing, sebagaimana telah dibahas bahwa hanya dapat diterapkan pada saham yang sedang bergerak turun dengan memanfaatkan support sebagai referensi harga beli.

Ketika hendak menerapkan salah satu dari ketiga metode tersebut, apakah soulmate menyadari kemungkinan adanya penembusan level support dan harga berlanjut mengalami pelemahan seperti pada gambar ilustrasi berikut ?


 

Untuk meminimalisir dampak seandainya skenario terburuk tersebut terjadi, sangat bijak bila sebelum menerapkan metode – metode di atas, soulmate telah terlebih dahulu menetapkan level pengaman.

Cara menetapkan level pengaman akan dibahas dalam tutorial mengenai stop loss dan cut loss. namun sebelum masuk ke pembahasan tersebut, kita akan mempelajari cara take profit saham terlebih dahulu.

Pin It on Pinterest

Share This