Matrikulasi

Untuk mempermudah pemahaman materi pada tutorial ini, Soulmate disarankan telah terlebih dahulu mempelajari tutorial berikut.

Chart Saham

Green Tea Part 1

Support

adalah level / area psikologis yang difungsikan sebagai batas bawah dari suatu pergerakan harga, berlaku pada periode/ rentang waktu tertentu, diadakan dengan 1 / lebih metode serta digunakan oleh technician sebagai referensi pendukung dalam pengambilan keputusan aksi jual / beli saham.

Sebagaimana tampak pada gambar diatas, ketika harga bergerak turun hingga menyentuh level tertentu, maka terjadi pantulan / pembalikan arah. Level yang “menahan” harga untuk tidak terus bergerak turun inilah yang disebut dengan support.

Contoh :


 

Pergerakan harga saham TAXI yang ditunjukkan pada gambar di atas berada pada tren turun.

dalam perjalanannya, emiten ini beberapa kali mengalami pantulan karena adanya tahanan pada support. Beberapa diantaranya yaitu pada :

  • Y1 dan Y2 : level 1550.44
  • Y3 : level 1390.

Resistance

memiliki fungsi yang hampir sama dengan support, namun yang membedakan adalah letaknya yang berada di atas, sehingga jika hendak didefinisikan secara lengkap dapat ditulis seperti berikut :

Resistance adalah level / area psikologis yang difungsikan sebagai batas atas dari suatu pergerakan harga, berlaku pada periode/ rentang waktu tertentu, diadakan dengan 1 / lebih metode serta digunakan oleh technician sebagai referensi pendukung dalam pengambilan keputusan aksi jual / beli saham.

Berdasarkan ilustrasi di atas, dapat dilihat bahwa setelah harga bergerak naik hingga menyentuh level tertentu, berikutnya terjadi pembalikan arah. Level yang “menahan” harga untuk tidak terus bergerak naik inilah yang disebut dengan resistance.

Contoh :


 

Pergerakan harga saham BUMI yang ditunjukkan pada gambar di atas berada pada tren naik.

dalam perjalanannya, emiten ini beberapa kali mengalami pantulan karena adanya tahanan resistance yaitu pada :

  • A1 : level 274.27
  • A2 : level 291.74
  • A3 : level 342.29.

Dengan mengamati beberapa contoh chart di atas kita dapat mengetahui bahwa pantulan-pantulan terhadap support dan resistance tidak selalu terjadi. Kondisi saham tidak memantul atau lebih tepatnya terjadi penembusan akan dibahas pada tutorial selanjutnya mengenai breakout saham.

Pin It on Pinterest

Share This