Matrikulasi

Untuk mempermudah pemahaman materi pada tutorial ini, Soulmate disarankan telah terlebih dahulu mempelajari tutorial berikut.

Potensi Resiko

Green Tea Part 3D

Pada tutorial sebelumnya, kita telah mengenal beberapa istilah penting berkaitan dengan cara beli saham. Saat ini, kita akan mempelajari istilah-istilah penting berkaitan dengan cara jual dalam perdagangan saham.

Sama halnya ketika melakukan aksi beli saham, support dan resistance juga menjadi referensi penting bagi technician dalam menetapkan harga jual.

Take Profit (TP)

Take profit adalah aksi jual oleh technician ketika harga mencapai level yang telah ditentukan dengan tujuan untuk merealisasikan keuntungan.

Target price atau level harga jual ditentukan dengan memanfaatkan resistance seperti diilustrasikan pada gambar berikut.


 

Gambar di bawah adalah contoh penerapan take profit pada saham BUMI.


 

Berdasarkan gambar tersebut, soulmate dapat melihat adanya banyak titik potensial untuk melakukan take profit. Beberapa diantaranya ditunjukkan dalam tabel berikut.

 

BeliMetodeTake Profit
A1BOBA2, A3, A4, A5
A2BOBA3, A4, A5
A3BOBA4, A5
B1BOWB2, B3
B2BOBB3
C1BOBC2
D1BOWD2, D3
D2BOBD3

Misal, setelah melakukan aksi beli secara buy on breakout (BOB) terhadap resistance 234.54 (titik A1), take profit dapat dilakukan pada level 249.73 (A2), 262.00 (A3), 274.27 (A4), atau 291.74 (A5).

Sebagai bagian dari trading management yang baik, level harga jual sangat disarankan sudah ditetapkan dalam trading plan yang dibuat sebelum melakukan aksi beli.

Pin It on Pinterest

Share This