Matrikulasi

Untuk mempermudah pemahaman materi pada tutorial ini, Soulmate disarankan telah terlebih dahulu mempelajari tutorial berikut.

Take Profit

Green Tea Part 3E

Trailing Stop (TS)

Trailing stop adalah level jual yang ditetapkan dengan tujuan mengamankan profit dari potensi pembalikan arah.

Posisi trailing stop biasanya beberapa level dibawah target price yang diilustrasikan dengan area berwarna hijau pada gambar berikut. Dan karena target price umumnya menggunakan referensi resistance, maka letak trailing stop biasanya juga beberapa level dibawah resistance.


Jarak antara resistance dengan trailing stop yang digambarkan dengan area berwarna kuning pada gambar di atas dapat ditetapkan dengan metode persentase atau jumlah tick seperti telah dibahas dalam tutorial buy on breakout saham.

Cara kerja trailing stop adalah ketika harga telah mendekati / menyentuh target price namun antrian jual tidak dijemput, dan kemudian terjadi pembalikan arah hingga menyentuh level trailing stop, maka aksi jual akan dieksekusi.

Pada contoh saham TAXI berikut, aksi buy on breakout terhadap resistance 1710.88 ditetapkan pada level 1725 dengan target harga jual 1 tick di bawah resistance yaitu di 1805.



Terlihat pada chart tersebut bahwa penembusan harga benar terjadi, namun pergerakan tersebut terhenti pada harga tertinggi di 1805 kemudian berbalik turun. Jika kondisi ini dibiarkan tanpa kendali, dengan menyimak grafik tersebut soulmate dapat mengetahui adanya potensi kerugian dalam jumlah besar.

Sebaliknya, dengan memasang trailing stop (misal) sejauh 2 tick di bawah target price yaitu pada level 1795, soulmate masih dapat memperoleh profit sebesar 1795 – 1725 = 70 point (per lembar saham).

Pin It on Pinterest

Share This